Menghargai Yang Kita Miliki

Jangan memandang ke bawah (untuk mengetahui kekuatan tanah yang dipijak) sebelum memulakan langkah. Hanya mereka yang menetapkan pandangan mereka ke arah horizon yang jauh dihadapan sahaja yang akan menemui jalan sebenar.

Betapa Indahnya Hidup ini

Jangan memandang ke bawah (untuk mengetahui kekuatan tanah yang dipijak) sebelum memulakan langkah. Hanya mereka yang menetapkan pandangan mereka ke arah horizon yang jauh dihadapan sahaja yang akan menemui jalan sebenar.

Selalu Bersyukur

Jangan memandang ke bawah (untuk mengetahui kekuatan tanah yang dipijak) sebelum memulakan langkah. Hanya mereka yang menetapkan pandangan mereka ke arah horizon yang jauh dihadapan sahaja yang akan menemui jalan sebenar.

Hello, Selamat Datang Di Deny Blog's, Semoga Teman Blogger Dapat Banyak Manfaat Dari Blog ini. Thanks A Lot


POLIMORFISME

Kemampuan dari reference untuk mengubah sifat menurut object apa yang dijadikan acuan dinamakan polimorfisme. Polimorfisme menyediakan multiobject dari subclasses yang berbeda untuk diperlakukan sebagai object dari superclass tunggal, secara otomatis menunjuk method yang tepat untuk menggunakannya ke particular object berdasar subclass yang termasuk di dalamnya.
Contoh lain yang menunjukkan properti polimorfisme adalah ketika kita mencoba melalui reference ke method. Misalkan kita punya method static printInformation yang mengakibatkan object Person sebagai reference, kita dapat me-reference dari tipe Employee dan tipe Student ke method ini selama itu masih subclass dari class Person.

public static main( String[] args )
{
Student
studentObject = new Student();
Employee
employeeObject = new Employee();
printInformation( studentObject );
printInformation( employeeObject );
}
public static printInformation( Person p ){
. . . .
}


PAKET

Sintaks untuk pernyataan package sebagai berikut:

Package Identifier;

Pernyataan package harus ditempatkandi awal unit kompilasi (file kode sumber). Setiap kelas dan interface di unit kompilasi dalam penyataan package dianggap sebagian bagian paket.

Contoh: Package person;

Java menggunakan fasilitas system file untuk menyimpan package. File-file.class yang dideklarasikan sebagai bagian paket person harus disimpan di directori bernama person. Java membedakan antara huruf capital dan kecil, untuk itu nama directori harus sama dengan nama paket.

Lebih dari satu file dapat dimasukkan di satu package. Kalimat package mengspesifikasikan kedalam paket dimana kelas-kelas itu akan berbeda. Kebanyakan paket disebarkan dibanyak file.

Paket juga dapat bersarang dipaket lain. Kita dapat menciptakan hirarki paket. Ketika hal ini dilakukan, java interpreter mengharuskan struktur hirarki berisi kelas-kelas yang cocok dengan hirarki package. Untuk melakukan hal ini kita cukup memisahkan masing-masing nama paket menggunakan tanda titil (.). bentuk umum pernyataan package multi level sebagai berikut:

Package pkg1[.pkg2.[.pkg3]]

Cotoh hirarki paket dapat di JDK:

Package java.awt.image

Berarti disimpan di system file windows di java/awt/image.

Kita harus memilih nama paket dengan hati-hati karena kita tidak dapat mengganti nama pakettanpa mengganti nama directori dimana kelas-kelas itu disimpan.

Penggunaan kelas atau interface di paket berbeda dengan lebih dahulu menyatakan:

1. Kalimat import kelas atau
2. Mengacu pada letak kelas atau interface yang digunakan secara lengkap.


ARRAY

Array adalah bentukan yang menyediakan penyimpanan sejumlah item bertipe sama. Item-item array dapat berupa data sderhana atau komposit. Array dijava dideklarasikan dengan kurung siku: [….]. array merupakan cara nyaman untuk mengelompokan informasi yang berhubungan.

Sintaks umum deklarasi array sebagaii berikut:

Type var-name[];

Atau

Type[] var-name;

Type adalah mendeklarasikan tipe basis dari array. Tipe basis menggunakan tipe dat bagi masing-masing elemen yang membentuk array. Dengan demikian, tipe basis untuk array menentukan tipe data yang dimuat oleh array.

Berikut ini adalah contoh deklarasi array di java:

Int numbers[];
Char[] letters;
Long grid[] [];


Pada java, kita tidak perlu menspesifikasikan ukuran array kosong saat mendeklarasikan array. Kita harus menyatakan ukuran array secara eksplisit saat melakukan penciptaan array menggunakan operator new() atau dengan mendaftarkan item-item untuk array pada saat penciptaan.

Keanehan lain di java adalah penempatan kurung siku pada deklarasi array. Kita dapat menempatkan kurung siku setelah tipe variable atau setelah identifier.

Berikut ini adalah contoh pendeklarasian array dengan menspesifikasian ukuran spesifik menggunakan operator new() dan dengan memberikan daftar item yang termasuk di dalam array.

Char alphabet[]=new() char[26]
Int primes={7, 11, 13};

Array bisa terdiri dari banyak dimensi namun disini saya hanya membahas dasar arraynya saja di java.


Sumber:
www.ilmukomputer.com
esensi-esensi bahasa pemograman java, bambang harianto, informatika bandung

Leave a Reply